Karena Hidup Tidak Ada Yang Sempurna

1:42 PM

Oke..
Enaknya gue buka pake kata super dari mas Donny Dhirgantoro di buku terbarunya yang berjudul "2". Ya.. Walaupun singkat tapi buku itu sangat amat terlalu luar biasa..
Buku yang bercerita tentang sesosok makhluk ciptaan Tuhan yang memang tidak Sempurna yang berusaha agar tetap bisa membuat kedua orang tuanya senang dan terus hidup. Cerita tentang seorang manusia yang mempunyai kelebihan tapi itu menjadi kekurangannya..

Dan satu kata super yang gue dapat dari buku itu adalah...

"... Karena Hidup Memang Tidak Pernah Sempurna, dan Hanya Pengecut Saja Yang Mengharapkan Hidup yang Sempurna..".

Yah... Sepenggal Kata bermakna Luar biasa... Terutama buat Gue.

.
Kenapa gue bilang gitu... Ya karena gue selalu berusaha (dulu) buat ngebandingin hidup gue yang sangat amat penuh ketidaksempurnaan ini dengan hidup orang lain yang menurut gue jauh lebih baik..

Ya.. pada awalnya gue selalu minder..terutama sekali soal pasangan! Dan itu lah yang bakal gue ceritain sekarang. 

Oke... Here We go...


Buat yang pertama mungkin bakal gue ceritain tental My First..

Ya.. Namanya Yuanita Damayanti (no pic but no hoax). Gue kanal pas jaman MOS ( Masa Orientasi Sesat) di suatu SMA di daerah yang gak ada di peta.
Waktu itu dia kelas XII, Ya..Dia kelas tiga sedangkan gue baru masuk dan masih keliatan bloon ditempat itu. sering mondar-mandir gak jelas di depan kamar mandi dan ya......serba bloon.

Gue Juga gak tau kenapa gue saat itu bisa tertarik sama kakak tingkat, 2 tahun pula..tapi jangan salah gue bukan brondong yang suka deman sama yang lebih tua, yang udah tante2 gitu.. gak gue banget dan naudzubillah!!

Oh ya, dia bukan berasal dari SMA yang sama kaya gue.. Jadi cerita ketemunya ya..pas dia ngnter adik sepupunya yang sekolah di SMA yang sama dengan gue, kenalan minta no hp, sms , telpn, Hang out bareng dan....jadian!!
Waktu itu gue sempat punya pikiran... INILAH HIDUP YANG SEMPURNA itu. Gue gak pernah ngebayangin sesuatu yang bueuk bakaln terjadi..

Bulan demi bulan gue jalani sana nita..Sampai tak terasa udah satu semester gue jadian sama dia..
Dan di suatu sore yang indah,, seperti biasa sepulang dia les..gue ajak dia makan dan tentu...bayar sendiri-sendiri.
Sore itu seperti biasa dia cuma ceita tentang harinya.. And so do I. Tiba-tiba dia bilang ke gue.. "kalo suatu saat aku pergi ninggalin kamu, kamu janji ya.. Bakal cari seseorang yang bisa lebih baik dari aku".

Ya..  kalimat itu yang sampai sekarang masih ada dalam harddisk otak gue. "Kamu ngomong apaan?? Kamu gak bakal aku ijinin pergi segitu enaknya".
Begitu bales gue.. Dan di jalan menuju ke rumahnya, gue rasa ada yang sedikit berbeda..ya pada saat gue boncengin dia pulang dia peluk gue erat banget. Mungkin itu salam terakhir darinya.

Sampai dirumah, dia bilang ke gue kalo besok gak usah jemput dia.. Dan seperti ingin membahagiakan seseorang gue iyain aja permintaannya tanpa tanya alasannya..
Malam harinya pun..cuma beberapa sms aja yang gue dapet dari dia, masih ada sesuatu yang bebeda..dan gue masih belum terlalu peka buat sadar akan hal itu.

Paginya..tak seperti biasa. Tak ada sms dari dia yang isinya ucapan selamat pagi seperti yang gue dapet.. Dan sampai hari gue mau habis, baru gue tahu dia hari itu gak masuk sekolah. Akhirnya gue dateng ke rumahnya,, tanya sama tetangganya kalo dia semalem dibawa ke rumah sakit. Kontan saat itu juga gue panik. Setelah gue tahu dia ada di RS mana, gue susul dia malam itu juga, dan ternyata menurut bagian informasi dia udah dipindah ke salah satu rumah sakit di ibu kota.

Ya... Sesal gue muncul. Kenapa gak dari awal gue sadar kalo ada yang lain di sorot matanya. 
seminggu berlalu dan tidak ada kabar dari dia maupun dari orang tuanya. Gue udah ribuan kali sms ke nomer hapenya dia ataupun ke bapak/ibunya....tapi tetap tak ada balasan.
Akhirnya kabar itu datang tepat 10 hari setelah dia dengan senaknya pergi tanpa pamit. Kabar yang semula gue kira bakal mengatakan kalo dia baik-baik saja.. Tapi..

Itu bukan dia..itu sms dari bapaknya yang bilang kalo nita......
Yah.... I was not believe that.. I Was not believe that she passed away!! Sampai bapak nya telepon gue, bilang kalo selama ini nita berjuang melawan penyakit kanker darah nya.. dan dia bangga bisa berjuang melawannya bersama gue. Bersama gue yang waktu itu kelas 1 SMA yang masih terlalu oon untuk mengerti rencana TUHAN.

Entah... Setelah mendengar kabar itu gue seperti mendadak kehilangan ingatan. Yang gue ingat bahwa satu hari sesudahnya ada surat yang dikirim dari Jakarta, yang isinya..

"Sayang,, maaf ya selama ini gak cerita soal semuanya..
aku gaka mau aja liat kamu sedih, aku bahagia banget kok, bisa nglawan penyakit ku ini sama kamu. Soalnya tiap sama  kamu aku pasti ketawa, dan lupa kalo aku punya penyakit.
Kamu Janji ya.. Kalo aku pergi, kamu bakal cari seseorang yang lebih dari aku..
orang yang bisa buat kamu ketawa..
Sayang.. Your live must go on...
With or without me..
dan jika kamu terima surat ku ini berati aku udah ada di tempat yang lebih baik.. Jadi kamu jangan sedih saat liat aku udah dimakan cacing ya..
I love you.."

 -nita-
Ya.. sebuah surat yang kertas nya udah usang terselip di salah satu buku gue... Surat yang sampai kapanpun gak akan pernah gue lupa... Gak akan pernah!

Ya...itu lah hidup yang tidak sempurna, karena hanya pengecut lah yang mengharapkan hidup yang sempurna.
Dan....saat ini gue baru sadar kalo hidup gue gak akan pernah sampai di sini...gak akan pernah !!

Beberapa bulan berikutnya...gue baru dapat kesempatan mengunjungi rumah terakhirnya. Dan gue habiskan waktu gue hari itu cerita sama dia. Cerita tentang segala hal pada suatu nisan yang bertuliskan YUANITA DAMAYANTI.

***

Beberapa Tahun setelahnya, tepatnya waktu gue kelas 3 semester pertama...
Ya.. Waktu itu sempat booming-boomingnya mig33, kaya mobile chat gitu. Dan ya,,dengan sedikit menaruh  harapan mendapatkan sosok seperti nita atau yang lebih baik lagi...akhirnya gue ikutan join. 
Hampir 1bulan dan akhirnya.. Gue dapat seorang kenalan. Ya.. HANA_CUTIE adalah username nya.. Sedangkan username gue......*gak perlu ditulis :D *

Ya... nama aslinya AGUSTINA INTAN PRAMITASARI WIJAYA. Sebuah nama yang cukup panjang yang menunjukkan kalo dia bukan orang sembarangan. Dan....ya dia adalah alasan gue pertama kali ngebuat blog ini. Dia udah sering banget muncul alam cerita-cerita gue.

Karena dialah, yang selalu mengingatkan gue pada nita. Bukan....Gue bermaksud ngebandingin orang yang satu dengan yang lain. Cuma, tiap gue ngobrol sama Intan, gue serasa ngobrol sama almh.nita.
Entah... Intan benar-benar gak ada mirip2nya sama almh.nita, tapi ada sesuatu pada Intang yang sangat gue kagumi.

Ya.. Caranya berbeicara, caranya tersenyum.. selalu membuat gue merasakan suatu getaran aneh. 
Intan menurut gue adalah sosok seorang yang benarbenar ngasih warna yang luar biasa dalam hidup gue.
Dia yang membuat gue ngefans sama Raditya Dika, dia yang ngebuat gue jadi suka baca buku, nulis di blog, dia yang ngajarin gue banyak hal...termasuk jadi DEWASA dan SELALU MENGANDALKAN DIRI GUE SENDIRI.

Banyak Hal dari intan yang gue suka... Tapi sekali lagi hidup memang tidak sempurna dan hanya pengecut yang mengharapkan hidup yang sempurna.
Waktu gue udah ngerasa dia adalah orang yang tepat, I Thought that she is the one.. Then I said it. 
I said that I love her so much,,
and She said that I..... Aku adalah seorang teman yang baik, dan dia ingin terus begitu. Dia takut kalo suatu saat kalo dia jadian sama aku, terus putus dan akhirnya gak mau saling kenal lagi.. Dia gak mau itu terjadi.

Dan di titik ini..Gue tahu kalo dia lupa akan satu hal.. Bahwa "Kita Tidak Akan Pernah Tahu Sampai Kita Mencobanya"
Tapi... Segala hal yang ada diantara kami sangat berbeda,, keyakinan,, ras...segalanya!!
Dan memang hidup tidak ada yang sempurna..

Sempat gue ngrasa kalo hidup ini tidak adil.. Banyak ornag yang begitu mudah nya dapat pasangan, bahkan orang yang baru saja putus..dalam beberapa minggu saja dia udah dapat penggantinya. Benar-benar hidup yang tidak adil!!
Tapi memang hidup ini adil?? Tidak... Hidup memang tidak adil karena hidup tidak akan pernah sempurna.
Dan sampai gue nulis ini.. Sebenernya gue masih sedikit berharap untuk bisa sama dia..bukan sebagie pasangan tapi sebagai sahabat. Suatu kata yang telat gue sadari.
tapi..kemungkinannya kecil..mungin untuk tidak terwujud.

Dan hidup gue tidak akan pernah berhenti sampai disini...


***
Masuk Kuliah...

Ini cerita yang sedikit memalukan... Tapi buat kalian, gue akan ceritain.

Ini cerita gue pas ada disemester satu kemaren... Setelah puasa pendidikan selama satu tahun, gue lanjutin belajar di suatu universitas yang agak mahal di jogja.
Saat itu, gue lagi senang2nya ngetwit.. ya dari sana gue dapet kenalan  namanya Rezky Rosalinda. gue panggil dia oca. 

Tidak seperti kedua tokoh yang udah melukis sebagian hidup gue... Oca sangat beda. 180 derajat lebih.
Dia lebih suka bercanda yang agak -menurut gue- kasar.
Singkatnya,, setelah sering bertukar isi hati, gue rasa gue mulai sedikit suka sama dia.. dan gue memutuskan untuk menyatroni mendatangi rumahnya..

Sekali,, dua kali...
Akhirnya pada suatu sore.. Setelah apa yang gue dan dia curhatin. Gue memberanikan diri datang ke rumahnya. Ngobrol di depan pintu rumahnya, bilang kalo gu suka sama dia.. Entah, semoga saat itu keluarganya yang ada dibelakang pintu gak denger atau mengalami tuli sesaat.

Gue udah siapin perasaan gue, buat menerima kenyataan kalo gue bakal segera punya pasangan..tapi hiup memang tidak sempurna. Saat itu dia bilang kalo dia juga sebenernya suka sama gue,, tapi posisi dia yang sedang menjalin hubungan denagn orang lain yang memaksa dia gak bisa menerima permintaan gue..

Yah.. I know.. It was so kampret you know??!!

Akhirnya gue sadar semua yang dia ceritain itu cuma agar dia bisa ngerti sikap cowok dan yang dia jadiin korban adalah perasaan gue.. That's so damn!!

Yah... sekali gue liat cermin, gue bilang sama gue yang ada di depan cermin. Kalo hidup gue gak akan berhenti sampai disini...
***

Dan.. Cerita ini adalah yang cerita yang baru gu alami. Bahkan saat nulis crita ini gue masih dalam kondisi yang mengenaskan. Galau stadium akhir denagn apa yang ada di depan gue.. Ditambah dengan tugas akhir semester yang terlalu luar biasa untuk diceritakan..

Ya.. Udah gue mulai cerita sedikit tentang sosok perempuan yang sekarang lagi, katakankah yang bakal gue gebet.
Ya. udah ada di sini
Cerita tentang seorang perempuan yang berasal dari pabrik yang sama dengan Intan. Dan kini Walau beda jurusan tetap diasama gue ada di satu pabrik yang sama. sebuah pabrik yang berlabel UNIVERSITAS SANATA DHARMA  

Seorang perempuan berinisial "P", yang mampu sedikit mengalih kan dunia ku yang suram dan gak ada indahnya..
Ya.. Walau jarang bertemu,, cuma beberapa kali. gue udah bisa pegang tangannya, ya...saat salaman pas ada dia ada acara buka bersama girlbandnya di suatu rumah makan berinisial "SS" :D

Entah.. Jujur gue juga belum terlalu kenal dekat sama si "P" ini. Tapi gue udah merasa akrab dan parahnya gue udah mulai suka sama dia. 
Ya.. Tapi kayanya rasa gue tiu bakal pupus di tengah jalan lagi.. Mengingat dia sudah punya pasangan, dan baru kuarang lebih 2 bulananan. That is so kamprett!!!

Padahal kalo gue inget-inget gue udah mulai sering sms in dia udah hampir 5bulanan. Dan.. sekarang gue tiba-tiba dihadapkan dengan kenyataan bahwa dia....
That's really hurt me..
Entah.. yang gue rasa saat ini Galu yang bercekecamuk, strees...dan kebelet pipis!!

Tapi gue udah janji sama AYAH gue,, kalo gue akan bersikap dewasa, gentlemen dan menerima kenyataan.
Ya..berusaha menerima kenyataan kalo dia udah sama dengan orang lain dan gue masih sama seperti dulu. masaih -uhuk- jomblo!!

Bukan karena hal lain, karena sekarang gue mau fokus dulu sama apa yang sebenarnya menjadi tujian awal gue masuk universitas ini. Bahwa bukan pacar tapi segera lulus lah yang jadi cita-cita gue. Bahwa membahagiakan kedua orang tua gue yang luar biasa dengan menjadi seorang sarjana adalah fokus utama gue. 
Dan kalo dalam perjanan gue,, syukur-syukur bisa mendapatkan pasangan.....ya itu adalah bonus atas kerja keras gue dari TUHAN.


Karena Hidup gue TIDAK AKAN PERNAH BERHENTI DISINI.
Gue mau terus berjuang untuk membahagiakan kedua orang tua gue yang luar biasa.. Dengan cara gue!!
Seperti halnya GUSNI tokoh cerita dalam buku karya Donny Dhirgantoro yang berjudul "2" yang selalu berusaha berjuang melawan penyakitnya, berjuang untuk hidupnya.

Karena Gue, udah memutuskan buat berani mencintai dan.......Mencintai dengan berani!!

Dan karena hidup ini memang tidak pernah sempurna, dan hanya pengecut lah yang mengharapkan hidup yang sempurna.

Wassalam......



2 Responds