Tak Seperti Hidup Yang Gue Harapkan

10:29 AM

Mungkin benar jika dibilang kita sebagai manusia tidak akan bisa hidup tanpa sebuah harapan.. Harapan untuk melihat esok yang lebih indah, lebih baik dari pada hari ini.
Tapi ibarat pedang bermata dua.. Harapan ternyata bisa juga membuat luka. Tergantung kita dalam menyikai setiap hal yang kita harapkan, dan bagaimana kita menyikapi nya..

Dan kali ini gue akan sedikit berbagi pengalaman tentang harapan gue..
Seperti saat kita merasa suka sama seseorang.. Pasti kita akan selalu ingin tau apa saja yang mereka, orang yang kita sukai, lakukan. Dan di jman yang sangat hebat ini hal itu bisa dilakukan dengan men-stalker-in timeline twitter ataupun facebook.
Hal ini juga sering gue lakukan akhir2 ini.. Entah kenapa.. tiap gue nge stalker in timelinya gue ngrasa kalo gue terlalu jauh berharap.
Waktu itu, sekitar jam 10 malam waktu indonesia bagian galau gue  pantengin timeline dia, ternyata belum ada tanda-tanda bahwa dia sedang online.
Kala itu gue sangat berharap hal yang sama, yaitu dia sedikit banyak ikutan nge stalker in timeline gue.. Oh iya saat itu tanggal 28 januari malam, beberapa saat sebelum gue ngerayain ulang tahun gue yang ke.....gak usah disebut deh..

Detik, berganti menit.. Menit berganti jam. dan entah sudah berapa lama gue galau nge stalker in timeline nya. Dan saat itu juga gue sedikit berhenti berharap, berhaarap bahwa orang yang saat ini gue suka jadi orang pertama yang ngucapin selamat ulang tahun ke gue. Alhasil dengan perasaan sangat kecewa gue pindah maen twitter.. 
Dan benar-benar tak seperti hidup yang gue harapkan.. Ada satu twit, twit pertama yang ngucapin selamat ulang taun ke gue.. 
Saat gue benar-benar ingin berhenti berharap.. Sahabat adalah orang yang selalu datang saat kita benar-benar tepat dan sangat diluar harapan gue. Satu twit dari sahabat gue itu ternyata sedikit meghidupkan lagi harapan gue.. 








Dan ibarat mendapat siraman air hujan, gue kembali liat wall facebook gue.. Dan sekali lagi ternyata hidup memang tak seperti yang kita harapkan.. Saat itu ada pemberitahuan, bahwa dia ternyata memposting sesuatu di wall gue. Sesuatu yang mungkin biasa buat orang lain tapi tidak untuk orang yang kita suka.




Sebuah ucapan yang diselingi sebuah doa... benar-benar tak seperti hidup yang gue harapkan. Tapi sedikit hal yang buat gue heran.. Kenapa setiap ulang tahun pasti doanya semoga panjang umur.. Dan bukankah umur itu udah ada jatahnya, jadi percuma kan doain panjang umur. Hidup yang aneh...

Dan setelah mengetahui bahwa ada sedikit ucapan dari dia, gue pun bisa tidur nyenyak..
Tapi gak untuk waktu yang lama... Seperti kebiasaan umum, dimana kalo libur pasti identik dengan ngebo alias bangun tengah hari. Gue pun sedikit berharap gue juga bisa kaya gitu.. Tapi ternyata enggak, hidup kayanya bukan tempat buat gue berharap!
Jam setengah enam pagi, tiba-tiba ada air yang banyak nyiram gue, pas banget saat gue ngimpi kecemplung kali. Tapi enggak.. Setelah 60% nyawa gue kekumpul, gue sayup2 liat wajah bokap gue dengan seciuk air ditangannya.. Dan....Yaampun barusan gue disiram ditempat tidur!!
Sungguh hal yang sangat absurd disaat sehrusnya gue dapat  banyak ucapan..

Setelah kejadiaan yang naas itu.. Gue baru sadar ternyata seperti tradisi di keluarga gue,, tak ada satupun orang yang inget ulang tahun yang lain.. Benar2 traisi yang aneh!!
Dan gue pun menjalani hari2 gue seperti biasa (baca: jadi pembantu).  Nah.. kejadian agak memilukan saat siang harinya,, pas gue lagi enak-enakan tiduran di kursi, ada suara yang sangat ganggu gue,, awalnya gue pikir itu suara anak kecil yang lagi maen.
Nah.. pas gue nge check jemuran gue.. Gue baru sadar, gue itung kolor gue.. hilang dua. SHIT!!!
Ternyata suara berisik tadi adalah suara maling kolor.. Dan gue curiga maling itu adalah seorang cewek yang ingin melet gue pake kolor.

Siang hari sekitar pukul 2an.. Ada seseorang mirip  tukang pos maen ke rumah. Gue heran mana ada tukang pos yang hari minggu masih kelayapan.. 
Dan ternyata gue salah.. Bapak itu adalah kurir. Dan buat yang gak tau kurir itu adalah sebutan buat orang yang kerjaan nya mengendarai mobil.
Bapak itu ngasih sbuah bungkusan kecil bertuliskan for my lil bro, and for my dearest friend.. Oh My God.. ternyata itu kado dari kakak gue dan celline, teman gue yang gue kenal di tukang bubur.
'Kalo ngeliat dari bungkusnya pasti ini sebuah kompas..', pikir gue. Ya.. sebagai pengidap penyakit "blusuken" gue memang sangat butuh kompas.
Tapi setelah gue buka bungkusan itu... Ternyata hidup memang tak seperti yang gue harapkan. Kado itu berisi arloji.. hahaha. lucky me!!

Sore hari setelah kejadian yang absurb, yaitu gue gue disiram sama bokap gue itu.. Hubungan gue sama bokap gue jadi agak dingin. Semacam akan muncul perang saudara.
Dan sekali lagi.. Hidup ini menunjukan hal yang bener2 di luar harapan gue.. Saat nyokap gue pulang kerja, beliau membawa kado terindah yang pernah gue dapat selain ucapan selamat dari Miss. GP tadi.













Ya... Gue dapat kue ulang tahun terindah dari nyokap.. Dan pas gue tanya, ternyata kue itu adalah pesenan bokap gue.
Ternyata dibalik sikap kerasnya, dan dibalik usaha nya buat ngebangunin gue dengan air siraman itu. bokap gue adalah AYAH JUARA SATU yang pernah gue punya!!
Saat itu terucap sepatah kata dari beliau.. 'tanpa adanya rasa sakit, kita gak akan pernah belajar mencintai sesuatu, dan tanpa adanya rasa sakit, kita tak akan pernah belajar untuk dewasa'.
Gue bener2 tersentak saat itu... 

Dan saat itu juga gue sadar.... Manusia mungkin bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum, tapi manusia akan mati tanpa punya harapan.
Dan walau kadang kenyataan tak seperti yang kita selalu harapkan... Hidup punya caranya sendiri untuk mengabulkan harapan kita. Dan karena hidup tidak ada yang sempurna.. Maka jangan pernah berpikir hidup ini tidak adil. Life is fair in its own way.

2 Responds